Connect with us

Online Bekasi

Pencemaran Kali Bekasi Ancaman Serius Suplai Air Bersih

News

Pencemaran Kali Bekasi Ancaman Serius Suplai Air Bersih

Kali Bekasi tercemar

Online Bekasi.com – Kali Bekasi kembali tercemar parah sejak Kamis (27/9) pagi. Akaibatnya, PDAM di wilayah tersebut tak dapat memproduksi air bersih, dampaknya sebanyak 51 ribu pelanggan di wilayah itu tak mendapatkan suplai air bersih.

Humas PDAM Tirta Patriot Uci Indrawijaya mengatakan, produksi distop sejak pukul 06.30 WIB karena limbah yang terkandung dalam air baku tak dapat diurai. Sebab, tingkat pencemarannya sangat parah.

“Tingkat keasaman, kandungan logam, dan limbah lainnya tidak bisa diurai,” kata Uci, Kamis (27/9).

Menurut dia, air baku PDAM masih mengandalkan Kali Bekasi, meskipun ada pasokan dari Kalimalang. Ia menyebutkan pasokan dari Kalimalang sebanyak 3.000 liter perdetik, sedangkan dari Kali Bekasi 4.000 liter perdetik.

“Kalau dari Kalimalang saja tidak sampai ke kolam, sehingga butuh dorongan dari Kali Bekasi. Adanya dorongan itu otomatis air Kalimalang dan Kali Bekasi bercampur,” kata dia.

Karena pencemaran berat itu, pihaknya terpaksa tidak memproduksi. Suplai air bersih kepada 31 ribu pelanggan pun dihentikan. Begitu pula PDAM Tirta Bhagasasi yang mendapatkan suplai air baku dari PDAM Tirta Patriot yang memiliki 20 ribu pelanggan.

“Ini sebenarnya masalah klasik, solusinya harus ada sodetan lagi dari Kalimalang sebelum sipon. Solusi lain pencemaran di Kali Bekasi harus ditekan,” ujar dia. (fiz)

Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top