Connect with us

Online Bekasi

Survei: Jika Pilkada Bekasi Hari Ini, Petahana Menang

News

Survei: Jika Pilkada Bekasi Hari Ini, Petahana Menang

Online Bekasi – Lembaga Survei KedaiKOPI ( Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) meluncurkan hasil survei terbaru tentang opini publik menuju kursi walikota Bekasi 2018.

Survei dilaksanakan dua tahap, pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok terfokus.

Survei tatap muka dilaksanakan 5-7 September 2017, 400 responden di 40 kelurahan dengan margin of error +/- 4,9%.

Sementara diskusi kelompok terfokus pada 21 September 2017 melibatkan perwakilan kelompok masyarakat secara beragam.

Deputi Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan bahwa dari 2 metode tersebut ada tiga nama teratas yang dimunculkan publik yaitu petahana, Rahmat Efendi yang lebih dikenal dengan sebutan Pepen, mantan walikota Bekasi, Mochtar Muhammad (Emtu/M2) dan Wakil Ketua DPRD Bekasi asal PKS, Heri Koswara.

“Ada 3 nama yang menguat Pepen, Emtu dan Herkos. Namun memang elektabilitas petahana tinggi (64,4%), kemudian Emtu (14,8%) dan Herkos (8,8%),” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/5).

“Sementara nama kandidat lainnya berada di bawah 4,5%. Jadi memang bila ingin menyaingi petahana, Emtu dan Herkos minimal harus bersatu. Survei ini memang tidak memasukkan nama wakil walikota petahana, Ahmad Syaikhu yang hampir pasti bertarung pada pemilihan Gubernur Jawa Barat kelak,” jelas Vivi, Jumat (29/9).

Popularitas petahana, Pepen, juga menempati posisi tertinggi (89,2%), Emtu (65,7%), Herkos (27,9%), Anim Imanudin (24,7%), Solihin (18,8%), Tumai (13,4%), Nur Supriyanto (12,4%), Heikal (11%), Anggawira (8,8%) dan Sutriyono (4,8%).

“Untuk tingkat partisipasi, 76,2% responden menyatakan akan berpartisipasi dalam pilkada Bekasi. Tingkat kepuasan warga Bekasi kepada Walikota saat ini pun tinggi (61,9%), walaupun bila kita ingat Pilgub Jakarta lalu, tingkat kepuasan tidak menjamin petahana terpilih lagi, kendati demikian faktor ini patut dipertimbangkan akan menguntungkan petahana,” kata Vivi.

Selanjutnya Vivi mengatakan bagi warga Kota Bekasi, 5 besar kriteria karakter yang diinginkan warga sebagai Walikota adalah kuat agamanya (14,7%), santun (14%), mengerti kebutuhan rakyat (12,7%), dekat dengan rakyat ( 12,5%) dan mau mendengar (12,3%), sementara sisanya beragam seperti tidak korupsi, tidak kasar dan dekat dengan Presiden.

“Bagi warga kota Bekasi, faktor agama (59,1%) mempengaruhi dalam memilih walikota dan 91,2% warga kota Bekasi mengaku mampu menentukan pilihan tanpa dipengaruhi orang lain,” tambah Vivi.

Vivi menambahkan bahwa pertarungan Bekasi 1 akan berjalan menarik, bukan saja karena dekat dengan Jakarta, karena juga hasilnya akan sangat mungkin mempengaruhi hasil pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. (fiz)

Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top