Connect with us

Online Bekasi

Pertumbuhan Industri Tingkatkan Pemakaian Listrik 21 Persen di Bekasi

Bisnis

Pertumbuhan Industri Tingkatkan Pemakaian Listrik 21 Persen di Bekasi

Online Bekasi – Pemakaian listrik untuk industri di Bekasi, Jawa Barat meningkat hingga 21 persen selama 2017. Itu menyusul sektor industri di wilayah tersebut terus mengalami pertumbuhan.

“Pemakaian listrik untuk industri akan terus tumbuh seiring terus berkembangkan industri,” kata Manajer Area PLN Bekasi, Reni Wahyu Setiawan, Rabu, 12 Desember 2017.

Reni mengatakan, konsumsi listrik di area Bekasi pada titik puncak saat ini mencapai 1.300 megawatt dalam sehari. Rinciannya untuk industri sebanyak 40 persen, sedangkan rumah tangga mencapai 60 persen dengan jumlah sambungan per awal Desember mencapai 1,532 juta.

“Itu belum termasuk yang baru kami pasang 12 ribu dalam even 12-12,” kata dia.

Menurut dia, pemakaian listrik untuk industri akan tumbuh pesat lagi di tahun depan. Ini menyusul adanya pengajuan dari 18 industri baru yang akan beroperasi di Bekasi, paling banyak berada di Cikarang. “Ada industri baja, maupun otomotif,” kata dia.

Ia mengatakan, kebutuhan listrik untuk industri baru tersebut diperkirakan mencapai 620 megawaat. Sementara, cadangan listrik untuk area Bekasi yang siap digunakan hanya mencapai 570 megawatt. “Sedang ada penambahan gardu maupun travo induk,” kata Reni.

Di antaranga gardu 2X500 megawaat di Delta Mas, lalu ada penambahan travo induk di Ganda Mekar dengan kapasitas 60 MW, Poncol 60 MW. Cikarang 2×60 MW khusus untuk industri. Dengan adanya penambahan itu, kata dia, kebutuhan listrik akan terpenuhi. “Kami menjamin kebutuhan listrik untuk industri,” kata dia.

Deputi Manager Strategi Pemasaran PLN Distribusi Jawa Barat, Suprayogi mengatakan perolehan pendapatan di wilayahnya November 2017 ini mencapai Rp 47,074 triliun naik 14 persen dalam periode sama tahun lalu. Pendapatan itu paling besar disumbangkan PLN Area Bekasi.

“Area Bekasi adalah tumpuan Jawa Barat bahkan nasional,” kata dia. (fiz)

Continue Reading
Baca juga...
Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top