Connect with us

Online Bekasi

Maskot Kota Bekasi Pecahkan Rekor MURI

News

Maskot Kota Bekasi Pecahkan Rekor MURI

Maskot Kota Bekasi Pecahkan Rekor MURI

Onlinebekasi.com – Maskot Kota Bekasi yaiti Bang Bek dan Mpok Asih berhasil memecahkan rekor MURI. Sebab, maskot tersebut memiliki tinggi hingga sembilan meter menjadi yang terbesar di Indonesia.

Pemecahan rekor MURI itu bersamaan dengan perayaan HUT Kota Bekasi ke-22 di Kawasan Fresh Market, Jalan Raya Boulevard, Grand Galaxy City, Jakasetia, Bekasi Selatan pada Minggu (10/3). Penghargaan ini diberikan oleh Manager Rekor Muri, Triyono kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Zarkasih.

“Rekor adanya boneka maskot terbesar, sebelumnya rekor itu 7 meter dan hari ini dipecahkan oleh Kota Bekasi dengan tinggi 9 meter,” katanya di lokasi, Minggu (10/3).

Dengan pemecahan rekot tersebut, pihakanya berharap maskot Kota Bekasi berupa Bang Bek dan Mpok Asih bisa lebih dikenal sebagai maskot khas Kota Bekasi. Termasuk kegiatan festival budaya ini bisa terus dilakukan sebagai upaya mempertahankan budaya lokal setempat.

“Ini bukan hanya rekor Indonesia, tetapi masuk pengharaan Museum Rekor Dunia-Indonesia karena tingginya 9 meter dan lebar 6 meter,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Zarkasih bersyukur maskot Kota Bekasi berhasil memecahkan rekor Muri. Menurut dia, pemecahan rekor itu maupun acara festival budaya ini dilakukan tanpa menggunakan APBD Kota Bekasi.

“Semua dikerjakan atas inisiatif dan support teman-teman Event Organizer Madani Communication. Alhamdulillah, maskot Kota Bekasi jadi adalah patung terbesar di Indonesia. Masuk rekor Muri,” katanya.

Maskot ini, kata dia, memiliki filosofi tentang sejarah serta ciri khas yang ada di Kota Bekasi. Ia berharap melalui maskot itu, Kota Bekasi semakin terkenal.

Sementara Ketua panitia Festival Budaya Bekasi atau dari Event Organizer Madani Communication, Setiawan Coco mengatakan dukungan ini sebagai bentuk keterlibatan anak-anak muda dalam setiap kegiatan Pemkot Bekasi.

“Kita bersyukur diberi kepercayaan ini untuk menyelenggarakan acara HUT Kota Bekasi. Acara ini tanpa dana APBD, dana acara ini murni dari partisipasi dan swadaya masyarakat Kota Bekasi. Termasuk pembuatan Maskot Bang Bek dan Mpol Asih yang berhasil meraih rekor Muri jadi maskot terbesar,” tandasnya.

Maskot Kota Bekasi berupa boneka Bang Bek dan Mpok Asih merupakan hasil dari perlombaan atau sayembara Pemkot Kota Bekasi mencari Maskot yang sesuai dan menggambarkan indentitas Kota Bekasi beberapa tahun lalu.

Terpilihlah boneka Bang Bek dan Mpo Asih hasil karya Anton Nugroho sebagai pemenang lomba pada September 2017 lalu. Bang Bek merupakan sebutan untuk boneka pria dengan gaya jagoan asal Bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sandal. Tentunya dengan kumis baplang melambangkan jawara bekasi.

Sedangkan, untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi diberi nama Mpok Asih. Boneka tersebut menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi. (fiz)

Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top