Connect with us

Online Bekasi

Pemkot Bekasi Bangun Rumah Panggung di Program Rutilahu

News

Pemkot Bekasi Bangun Rumah Panggung di Program Rutilahu

Online Bekasi – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi merencanakan program bedah rumah tidak layak huni di wilayah setempat. Rutilahu tersebut bakal dibangun kembali dengan konsep rumah panggung yang menjadi ciri khas Bekasi.

“Budaya asli Bekasi harus tetap dipertahankan dan mampu mewarnai pembangunan yang begitu pesat di Kota Bekasi khususnya di Kecamatan Jatisampurna,” kata Rahmat.

Hal itu diungkapkan Rahmat saat menghadiri Road Show Pengurus Besar Badan Kekeluargaan Masyarakat Kota Bekasi ( BKM-KB) di Kampung Kranggan Wetan Kelurahan Jatirangga RT 03 RW 10 Kecamatan Jatisampurna, pada Rabu (8/2) malam.

Menurut dia, sebagai wilayah yang masih kental dengan budaya asli Bekasi, tentunya pelestarian itu dapat menjadi pusat berkembangnya budaya lokal Bekasi.

“Untuk memelihara budaya asli Kranggan, saya akan membuat program Rutilahu yang akan berjalan di tahun 2017 dalam konsep rumah panggung,” katanya.

Menurut dia, khususnya di Kecamatan Jatisampurna harus memiliki konsep rumah panggung asli Kranggan sebagai bentuk kearifan lokal yang harus terus dijaga. Program Rutilahu tahun ini rencananya akan memperbaiki rumah tidak layak huni sebanyak 25 rumah dalam satu kelurahan.

“Khusus di Kecamatan Jatisampurna saya menginginkan bentuk rumahnya adalah rumah panggung khas Kranggan sehingga nantinya masyarakat bisa terus memelihara budaya lokal dalam bentuk rumah adat asli Bekasi,” jelas Rahmat Effendi. (adv)

Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top