Connect with us

Online Bekasi

Bupati Bekasi Resmikan IPA PDAM Tirta Bhagasasi Tegal Gede

Bisnis

Bupati Bekasi Resmikan IPA PDAM Tirta Bhagasasi Tegal Gede

Online Bekasi – Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin meresmikan Instalansi Pengolahan Air (IPA) di Tegal gede, Kabupaten Bekasi milik PDAM Tirta Bhagasasi. IPA yang dibangun tersebut merupakan kerja sama dengan pihak swasta yaitu PT. Moya Indonesia.

Pjs Kabag Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Yusmet mengatakan, penambahan IPA itu dalam rangka meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat di Kabupaten dan Kota Bekasi oleh PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

Untuk memproduksi air bersih melalui pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM), selama ini PDAM Tirta Bhagasaai telah membangun Instalasi Pengolahan Air (Minum) atau Water Treatment Plant (WTP), dan jaringan perpiaan untuk distribusi kepada masyarakat pelanggan.

“Kami telah melayani 11 cabang dan 10 kantor cabang pembantu (KCP) di wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi. Dari 11 cabang, enam berlokasi di wilayah Kabupaten Bekasi dengan tujuh KCP. Sedang di Kota Bekasi dilayani lima kantor cabang dan tiga KCP,” katanya, Rabu (26/7).

Untuk memproduksi air bersih, PDAM ini sejak berdiri 1979 hingga Juni 2017, telah memiliki 16 IPA dengan kapasitas produksi 3.835 liter/detik. Sedang jumlah pelanggan saat ini tercatat 221.952 sambungan langganan (SL).

“Mengingat permintaan akan air bersih terus meningkat, seiring dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) empat persen per tahun di Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi melakukan kerja sama dengan pihak pengusaha swasta,” ujarnya.

Tujuannya guna meningkatkan cakupan pelayanan air bersih kepada masyarakat yang sangat membutuhkan air bersih.

Salah satu hasil kerja sama itu, dengan pengusaha swasta yakni PT Moya Indonesia yang hingga saat ini telah membangun IPA dan memproduksi air bersih 1.300 l/dtk. Pembangunan dilakukan secara bertahap.

Hari ini, IPA baru yang dibangun pada tahap ke dua, sudah mampu memproduksi air bersih 500 liter/detik, dan penggunannya diresmikan Bupati Bekasi dr hj. Neneng Hasanah Yasin bersama Direksi PDAM Tirta Bhagasasi dengan Direksi PT Moya Indonesia.

Hasil kerja sama yang memproduksi air bersih 1.300 liter/detik, kini mampu melayani pelanggan PDAM di wilayah Cikarang Utara, Cikarang Selatan, Lemahabang dan Cibarusah.

Dengan diresmikannya IPA kapasitas produksi 500 liter/detik ini, diperuntukkan untuk meningkatkan cakupan pelayanan di wilayah Cikarang Selatan dan Cibarusah. Ditargerkan, IPA yang berlokasi di Tegal Gede Cikarang dengan produksi 1.300 liter/detik, akan mempu melayani sedikitnya 97.500 sambungan langganan. (fiz)

Continue Reading
Baca juga...
1 Comment

1 Comment

  1. oloan

    18 November 2017 at 00:46

    Tlg dong bu bupati kami warga mega regensi dan ksb sdh 3 hr pdam mati. Tlg donk solusinya jgn giliran menagih tagihan maksa tp fasilitas nya acak kadul

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top