Connect with us

Online Bekasi

Ratusan Penyuka Sejenis di Bekasi Mengidap HIV

News

Ratusan Penyuka Sejenis di Bekasi Mengidap HIV

Online Bekasi – Ratusan orang di Kota Bekasi, Jawa Barat menderita penyakit HIV. Mayoritas penderitanya merupakan kaum laki-laki penyuka sesama jenis alias gay, sebab hubungan seksual yang mereka lakukan tidak normal.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan, Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan, penderita HIV masih bisa disembuhkan dengan catatan pengobatan intensif, serta berhenti melakukan aktivitas yang rentan tertulan penyakit tersebut.

“Upaya pencegahannya dilakukan dengan tindakan ABCD,” kata Dezi kepada wartawan di Bekasi, Selasa (16/1).

Upaya A yaitu dengan cara abstinancy atau berhenti melakukan hubungan seksual, berikutnya Be Faithful atau tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak orang karena berpotensi menularkan penyakit tersebut.

“Langkah C yaitu mencegah dengan menggunakan kondom, dan terakhir adalah D, atau (no) drugs disertai dengan edukasi,” ujarnya.

Pengamat Kesehatan, Komarudin menjelaskan penyebaran HIV paling rentan dilakukan oleh penyuka sesama jenis bagi kaum laki-laki. Soalnya, kata dia, hubungan seks itu dilakukan di luar kenormalan, dimana obyek yang dipakai sarang penyakit.

“Tidak ada bakteri pengontrol penyakit seperti yang dimilik oleh perempuan, sehingga pelakunya rentan menderita HIV,” kata dia. (fiz)

Continue Reading
Baca juga...
Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top