Connect with us

Online Bekasi

Titik Tanggul Amblas di Kali Bekasi Bertambah

News

Titik Tanggul Amblas di Kali Bekasi Bertambah

Online Bekasi – Jumlah titik tanggul amblas karena abrasi di bantaran Kali Bekasi bertambah. Kali ini, tanggul di depan perumahan Pondok Mitra Lestari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, nyaris ambrol karena tergerus arus sungai.

Menurut pengurus RT setempat, Sony, amblasnya tanggul terjadi sejak pekan lalu ketika debit sungai meningkat akibat kiriman dari Bogor. Bahkan, tanah di bahu jalan sudah mulai terkikis karena abrasi.

“Trotoar sudah turun hingga 10 cm, sedangkan bawah bahu jalan tanahnya sudah ambles,” kata Sony, Senin (17/4).

Karena itu, kata dia, bahu jalan sepanjang 25 meter kini tak bisa dilalui kendaraan. Sebab, jika dipaksakan dilintasi, warga khawatir jalan tersebut malah amblas.

“Hanya dikasih batang kayu sebagai peringatan kepada pengguna jalan agar tidak melintas di sisi jalan yang rawan ambles,” kata dia.

Sedangkan, kondisi tanggul sendiri saat ini sudah miring, dan menjorok ke kali. Menurut dia, tanggul sepanjang 25 meter tersebut bisa saja sewaktu-waktu ambrol ke kali ketika debit sungai meningkat tajam.

“Tanggul itu baru saja dibangun tahun lalu, tapi belum sampai setahun sudah mau ambrol,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, mengatakan, perbaikan tanggul di sepanjang Kali Bekasi tak bisa dilakukan secara parsial.

“Perbaikan secara parsial tidak efektif, seharusnya diperbaiki secara total,” ujarnya.

Sayangnya, kata dia, pemerintah daerah tak mampu melakukan perbaikan secara total. Sebab, dibutuhkan biaya yang cukup besar. Karena itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. (fiz)

Klik untuk komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top