Connect with us

Online Bekasi

Kementerian PUPR Bakal Bedah Ratusan Rumah di Bekasi

News

Kementerian PUPR Bakal Bedah Ratusan Rumah di Bekasi

ilustrasi bedah rumah

Onlinebekasi.com – Ratusan rumah tidak layak huni di Kota Bekasi mendapatkan jatah bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI pada tahun 2019.

“Sekarang, progresnya masih dalam tahap verifikasi faktual di lapangan,” kata Anggota Komisi V DPR RI, Intan Fitriana Fauzi di Bekasi, Kamis (28/2).

Ia mengatakan, usulan tersebut telah disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono dengan menerbitkan surat keputusan untuk dilaksanakan tahun ini. Karena itu, tim dari Direktorat Jenderal Cipta Karya sedang memverifikasi faktual penerima bantuan tersebut.

“Diverifikasi agar tidak salah sasaran,” ujar dia.

Menurut dia, ada sebanyak 1500 keluarga penerima bantuan bedah rumah di dua daerah pemilihannya di Depok dan Kota Bekasi. Karena itu, masing-masing daerah mendapatkan jatah sebanyak 750 unit dengan dana bedah rumah senilai Rp 17,5 juta.

“Rumah yang dibedah yaitu yang benar-benar tidak layak huni,” kata dia.

Misalnya, kata dia, rumah tinggal yang terbuat dari bilik bambu, kontruksi rumah hampir roboh, dan lainnya. “Rumah itu bukan kontrakan, karena kalau kontrakan itu merupakan bisnis atau usaha,” ujar Intan.

Ia mengatakan, setelah melalui proses verifikasi faktual di lapangan, maka dana bedah rumah disalurkan langsung kepada penerima. Adapun, proses perbaikan rumah dilakukan secara swadaya. Artinya, melibatkan masyarakat setempat dengan biaya tukang Rp 2,5 juta, dan biaya material Rp 15 juta.

“Selama pelaksanaan, ada tim dari Kementerian yang mengawasi langsung,” ujar Intan.

Intan memastikan tidak akan melakukan intervensi kepada tim verifikator dari Kementerian PUPR perihal penerima bantuan tersebut. Sehingga, tim di lapangan benar-benar melakukan ferivikasi yang melibatkan camat, lurah, sampai dengan pengurus RT atau RW. (fiz)

1 Comment

1 Comment

  1. Rika

    28 Februari 2019 at 23:54

    Di daerah cikarang timur kususnya desa karangsari ,, masih bnyak rumah” yg blum tersntuh bntuan untuk bedah rumah,, bnyak rumah yg msih mggunakan bilik bambu, tolong didata,, supaya mndapat bantuan bedah rumah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top